MENGATASI RADIO BAOFENG TIDAK BISA MEMANCAR

Radio Baofeng UV-5R ini merupakan radio kecil mungil namun punya desain yang enak digemgam,tentu saja produk ini menjadi salah satu produk yang sangat populer dikalangan briker,para penggemar touring,pendaki gunung dan lain sebagainya.

Permasalahan yang akan tertulis disini adalah radio Baofeng UV-5R ane tidak terdengar oleh lawan bicara diatas jarak 20 meter.Kalau dekat lumayan bagus,namun biasanya radio ini bisa memancar sangatlah jauh mencapai 5 km antara radio yang sama sama menggunakan stick antena pendek apalagi kalau menggunakan antena luar.Dan bisa dipastikan radio Baofeng UV-5R ini rusak pada bagian transmitter nya.

Radio Baofeng tidak bisa memancar jauh.

Nah setelah bertahun tahun menggunakan radio Baofeng ini tanpa ada kendala , UV-5R ane belakangan ini mempunyai keluhan seperti berikut ini :

Radio Baofeng UV-5R kalau menerima atau receiver nya normal dan bagus sekali.

Radio Baofeng UV-5R ini ketika kita transmitter atau daya pancar tidak memancar jauh.Jarak 20 meter saja tidak terdengar oleh lawan bicara.

Opsi Power RF menggunakan Low atau High tidak berpengaruh.

Ketika Radio Baofeng UV-5R dipasang menggunakan SWR meter ternyata power tidak keluar sama sekali.

Baca juga disini : Setting radio merk REDELL DL-5108.

Maka mau tidak mau dibongkarlah radio Baofeng UV-5R ini tentunya dengan sangat hati hati,mur antena dan mur potensio dibuka dahulu,kemudian baud yang casing nya di buka satu-persatu.

Baofeng UV-5R setelah dibongkar.

Baofeng UV-5R setelah dibongkar.

Proses mengganti Final Radio Baofeng UV-5R.

Setelah dibongkar tentunya kita harus membuka dahulu LCD karena ada baud kecil yang tertanam disana ke bodi.Untuk lebih jelas nya bisa di lihat di gambar di bawah ini :

 Letak Final dekat dengan Lilitan dan lubang baud berwarna hitam

Posisi Final Baofeng ini tertulis dengan kode AFT 564 ( AF 504 /AFT 804) atau ada juga yang menyebut dengan final baofeng dengan nomer SX5 ada ditunjuk di dalam gambar dengan posisi dekat lubang baud tengan dan dekat lilitan.

Setelah di teliti ternyata final kelihatan gosong,dan seketika itu pula dilakukan pencabutan,setelah dilakukan pengukuran ternyata transistor ini rusak,apalagi dalam kondisi fisik nya sudah meleleh dan hangus.

Akhirnya belilah ketoko terdekat mencari final transistor tersebut,dengan susah payah akhirnya mendapatkan juga dengan seri lainnya yang umum untuk final HT cina umum nya yaitu final transistor RQA 0009 dan didapat dengan harga lumayan murah untuk ukuran final.

Harga Transistor final RQ 0009 ini hanya seharga 30 ribu rupiah,dengan kekuatan power yang keluar antara 5 sampai 7 watt,karena karakter final ini di rasa sama maka segeralah melakukan pergantian.Dalam prakteknya memang tidak terlalu susah karena ternyata final transistor RQ 0009  ini bentuk nya sama dengan final bawaannya.

Baca juga disini : Macam-macam kit power yang bagus di gunakan untuk sound system.

Dan setelah dilakukan pemasangan dicoba di test lagi menggunakan SWR akhirnya powerpun keluar dengan sempurna.Setelah yakin power keluar akhirnya dipasang kembali satu persatu komponen dan layar LCD dipasang kembali.

Perhatian :

Hati-hatilah dalam membongkar dan memasang LCD radio Baofeng UV-5R.

Hati hatilah dalam menyolder final baru ke PCB.Usahakan jangan terlalu berulang ulang karena panas yang berlebihan bisa merusak final HT Baofeng itu sendiri.

Selalu gunakan SWR meter untuk cek power.

Gunakan konektor sambungan untuk BMC di soket antena.

Ukur juga driver final radio Baofeng UV-5R karena ada juga kasus kerusakan pada bagian ini.Nomor driver ini biasanya menggunakan transistor SK3078 dengan daya 1 watt untuk VHF dan UHF.

Itulah pengalaman dam mengganti final radio Baofeng UV-5R yang rusak dan tidak  bisa memancar jauh.Mudah mudahan ada manfaatnya bagi kita semua.