Kenali Tanda Tanda Kerusakan Printer Epson R230 Serta Cara Memperbaiki nya.

Epson R230 produk Epson yang tentunya sangat diminati konsumen dengan kualitas cetak foto yang lumayan bagus di bandingkan produk produk terdahulu nya.Dengan jenis printer yang dimungkinkan di infus ini tentunya biaya percetakan khususnya foto akan dapat di tekan semurah mungkin.Hampir semua percetakan foto amatir pernah dan juga lagi menggunakan printer ini selain kualitas bagus untuk foto juga harga nya masih bisa terjangkau dibawah 2 jutaan.

Pengalaman dalam penggunaan printer Epson R230 ini adalah setelah beberapa bulan mulai muncul beberapa kendala,dan dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi beberapa tanda tanda dan gejala kerusakan printer Epson R230 ini serta cara sederhana dalam menangani nya.

1.  Tanda tanda kerusakan sensor Epson R230 yang di dekat head dan yang dalam tingkat terburuk adalah kerusakan head printer Epson R230 itu sendiri.

  1. Muncul peringatan dilayar PC yaitu,Delete all print jobs and turn the printer off. Remove any foreign objects from inside the printer. After a few minutes, turn the printer back on.
  2. Printer Epson R230 lampu indikator tinta dan indikator kertas berkedip cepatdede dan  bersamaan.

 

 

 

 

 

Penanganan serta perbaikan Epson ini adalah bersihkan sensor disisi kiri bawah dekat head printer.Bisa di bersihkan tanpa membuka dudukan head,dapat dijangkau dengan jari tangan.Cek juga di bagian roll penarik kertas,karena sering ada benda benda yang menghalangi pergerakan penarik kertas di printer Epson R230 seperti sobekan kertas,kerikil,atau benda asing lain nya.Kalau masih juga tanda tanda diatas muncul maka ganti sensor didekat head tersebut,dan tanda tanda diatas juga bisa sebagai tanda bahwa kemungkinan terburuk adalah kerusakan head yang tentunya harga nya diatas 800 ribu rupiah.

 

2.  Printer Epson R230 minta di reset tanda tanda nya adalah :

  1. Printer Epson R230 lampu indikator tinta dan kertas berkedip bergantian.
  2. Muncul peringatan dilayar PC ,Parts inside your printer are near the end of their service life. See your printer documentation.
  3. Printer Epson R230 menyala tapi tanpa ada tanda tanda gerakan rumah head bergerak atau suara dinamo bergerak,hening hanya lampu tanda error saja yang menyala.

Ini adalah batas jumlah print yang di pasang di chip memory oleh produsen.Kalau sudah mencapai ambang tersebut tentunya kita harus melakukan reset ulang chip memory tersebut.Resetter secara software tentunya memungkinkan karena di google banyak yang berbagi software resetter printer Epson R230.

Jadi solusi kerusakan dengan tanda tanda diatas adalah dengan cara di reset dengan resetter Epson r230 atau bisa juga dengan ssc utility. Dan kerusakan ini tidak mengeluarkan biaya dan bisa ditangani secara program.Untuk cara resetter dan file software nya bisa kita kunjungi blog nya ekohasan sang master printer.

 

3. Tanda tanda Printer Epson R230  tinta error ( Ink Out Error ).

  1. Muncul peringatan, Ink Out Error.Atau muncul peringatan lain ink cartridges cannot be recognized.
  2. Lampu gambar tinta berkedip cepat.
  3. Pertama di on kan rumah head bergerak ke kanan dan ke kiri , lalu Muncul peringatan, Ink Out Error.

 

Penanganan nya chip ink tank ( soket katrid ) periksa bisa kotor kena tinta,karat,bahkan rusak.Bersihkan dan pastikan menempel chip katrid dengan board printer bagus.Kalau sudah dirasa bagus lalu tekan tombol tinta (tombol dengan gambar tetesan tinta) selama lebih kurang 2 menit, atau sampai indikator ink out (lampu merah) hilang.Ink out error sudah normal kembali.

4. Tanda tanda kerusakan Paper Jam di Epson R230.

  1. Berkedip lampu gambar kertas di Epson R230.
  2. Muncul notifikasi ,message error paper out or not loaded correctly.

Cara memperbaiki nya adalah dengan cara memeriksa dibagian masuk kertas khususnya dekat roll penarik kertas apakah ada sobekan kertas atau benda lain yang menghalangi jalan nya kertas,dan dalam kasus printer sudah mulai berumur biasa nya kerusakan pada roll penarik kertas sudah tipis dan aus.Tentu ini harus dilakukan pegantian,dan khususnya untuk printer Epson R230 ini gunakan kertas yang ukuran sedang,jangan terlalu tipis maupun terlalu tebal,apalagi yang paling jangan digunakan adalah kertas type kertas Inkjet,karena akan merusak roll penarik kertas ini.Backlink : http://www.activesearchresults.com/addwebsite.php