Cara mengatasi layar sentuh Oppo yang terlalu sensitif.

Pengalaman admin kali ini dimulai ketika ada teman yang mengeluh tentang handphone android Oppo R1201 atau Oppo Neo 5 yang 8GB nya terlalu sensitif ketika layarnya disentuh.Itu bisa dirasakan ketika mengetik huruf atau angka,ketika menyentuh /mengetuk huruf satu kali dilayar Oppo ternyata yang muncul adalah huruf tersebut tertulis sampai 3 bahkan 4 kali secara berulang terus menerus.Padahal dengan sentuhan dilayar satu kali tentunya yang normal adalah tertulis satu hurup saja.Bisa dibayangkan ya,repotnya harus menghapus terus menerus huruf yang tertulis berulang di android Oppo ini.Bisa bisa mengetik atau membalas BBM atau di sms bisa tidak kelar kelar.

Usut punya usut ternyata Oppo teman admin ini sudah diganti layar LCD serta touchscreennya sekaligus.Yang aslinya katanya rusak dan digantilah satu set LCD plus touchsreennya.Ya pantesan juga kalau begitu,karena yang admin rasakan ketika mengetik di layar sentuh Oppo R1201 yang lain sebelum-belumnya sih sebetulnya terasa enak dan tidak terlalu sensitif.

Ini pengalaman admin dalam mengatasi layar android Oppo ketika disentuh terlalu sensitif.

Sebetulnya kalau di handphone Oppo jenis lain tentu saja di sediakan fitur Glove Mode atau mode sarung tangan,tinggal mode sarung tangan nya tidak diaktifkan,maka sensitif layar jadi berkurang,tapi ternyata di android Oppo R1201 atau Oppo neo 5 ini ternyata tidak ditemukan,entah tersimpan dimenu mana atau memang tidak ada dari sananya.

Akhirnya saya mencoba masuk ke engineering mode Oppo.Karena android Oppo ini belum diroot tentu saja kita tidak bisa menggunakan aplikasi lain seperti MTK Engineering Mode namun kita bisa memanfaatkan fitur bawaan Oppo R1201 ini atau juga bisa dipakai di jenis Oppo yang lain.

Masuk Menu Enginner Mode di Oppo dengan cara :

*#*#3646633#*#* pilih menu Hardware.

Scroll ke bawah.

Pilih Touchscreen.

Pilih Setting.

Rubah the Value ke angka 3 atau 4.

Kemudian pilih set.

Setelah itu pilih reboot dengan memijit tombol power.

Pengalaman admin,lumayan berpengaruh ketika memijit huruf atau angka di layar sentuh ketika mengetik dan tidak terlalu sensitif,namun kekurangannya terasa sedikit lambat,namun tidak mengganggu malahan terasa enak.Untuk nilai The Value nya bisa di coba-coba disesuaikan dengan perasaan kita setelah mencobanya.

Dan hasilnya layar sentuh  ini tidak terlalu sensitif bahkan bisa dikatakan normal kembali.Itulah pengalaman ketika mencoba memperbaiki layar Oppo terlalu sensitif ketika disentuh.Mungkin ada pengalaman lain selain pengalaman admin  silahkan berbagi disini ya gan..

Catatan Tambahan :

Cara mengatasi Imei Null atau Imei tidak Valid atau Imei Invalid di Oppo R1201 Oppo Neo 5 yang memory nya 8 Giga.Dengan catatan cara ini lebih efektif digunakan atau diterapkan di android Oppo yang belum di root.Lah kenapa Oppo yang belum diroot bisa kehilangan imei ?.

Namun kehilangan imei bisa saja terjadi ketika oppo R1201 ini sudah pernah di flash ulang atau akibat perbaikan seperti oppo tersebut pernah bootloop.

Cara mengatasi Imei Tidak Valid di Oppo .

Cara mengatasi Imei Null di Oppo.

Cara mengatasi Imei Invalid di Oppo Neo 5 /Oppo 1201.

Baca juga : Cara mengatasi Imei Null di Oppo Yoyo / Oppo R831K.

Ketika android oppo kita tidak di root,tentunya adalah kita bisa mengetikan dial *#*#3646633#*#* seperti yang diatas tadi.

Pilih Connectivity.

Pilih Radio Information.

Pilih Phone 1.

Klik dikolom paling atas.

Hapus tulisan yang ada kalau sudah kosong biarkan.

Ketik AT +EGMR=1,7,”no imei”

Klik Send At Command.

Kalau laporannya terkirim atau sent.Berarti mengetiknya sudah benar.Kalau not sent atau invalid atau error,pastikan antara AT dan tanda +(plus) harus ada spasi.

Itu kalau diketik manual,bisa juga dengan cara yaitu ketika dikolom atas ada tulisan AT+ klik setelah simbol + ketik huruf E besar,maka akan muncul secara otomatis pilihan AT +EGMR=1,7,””  tinggal edit nomor imei dan tambah spasi kalau belum di antara huruf AT dan +(plus).Kemudian klik Send At Command.Lihat terkirim ( sent) atau tidak.Kalau terkirim berarti selesai ya gan..

Setelah selesai pijit tombol kembali,kemudian pilih Phone 2 untuk imei yang kedua.

Caranya sama dengan yang pertama,namun hanya berbeda pada kode nya yaitu : AT +EGMR=1,10,””

Untuk nomor imei bisa dilihat dibelakang atau dibalik tutup belakang android Oppo tersebut,atau biasanya tertulis di dus handphone yang kita beli.

Itulah cara mengatasi imei null di android yang belum di root khususnya Oppo.Untuk handphone Oppo yang sudah di root bisa baca artikel lainnya disini.

Alhamdulilah akhirnya catatan ini sampai juga diakhir artikel,mudah-mudahan ada manfaatnya.

Disclaimer : Hanya berbagi pengalaman,bukan tutorial.

Bijaksanalah dalam menyikapinya.